Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari dalam Berfacebook

Almira-FacebookEnvoyeSpecialReportPart24545
Meskipun facebook mempunyai aturan sendiri mengenai apa yang dilarang dan harus dilakukan yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan, namun ada beberapa peraturan lain yang perlu Anda perhatikan. Peraturan ini mungkin tidak tertulis dalam Syarat dan Ketentuan facebook serta lebih bersifat moralitas atau etika yang sebaiknya harus Anda hindari ataupun perlu dilakukan ketika sedang menggunakan facebook. Berikut ini beberapa tipnya:

  1. Hati-hatilah terhadap apa pun yang Anda upload, seperti foto, komentar, pikiran, atau opini. Jangan sekali-kali menulis sesuatu yang memalukan atau membuat Anda menyesal nantinya.
  2. Sebaiknya ketika Anda merespons atau membahas sesuatu yang dituliskan di Dinding, gunakanlah link Wall-to-Wall (Antar-Dinding). Hal ini dimaksudkan untuk menghindari balasan yang dikirimkan kembali ke Dinding Anda, terutama untuk sesuatu yang bersifat pribadi atau Anda tidak ingin semua orang tahhu.
  3. Hindari untuk mem-posting informasi pribadi yang terlalu ditail. Terutama jika tidak semua teman yang ada dalam daftar teman Anda adalah orang terdekat Anda. Hal ini akan memicu orang yang mungkin tidak terlalu Anda kenal untuk dengan mudah menemukan informasi tentang anda dan melakukan hal-hal yang buruk kepada Anda.
  4. Berhati-hatilah ketika membicarakan tentang klien, rekan kerja atau teman Anda pada setiap pembicaraan.
  5. Interaksi dan pertemanan dalam Facebook adalah nyata, oleh karena itu jika ada sesuatu hal yang pribadi yang Hendak anda lakukan dalam kehidupan nyata, maka dalam Facebook lakukanlah lewat jalur yang pribadi juga. Seperti mengirimkan pesan pribadi langsung ke teman tersebut, jangan menuliskan lewat Dinding atau komentar.
  6. Jangan melibatkan diri Anda pada tindakan kriminal. Perlu diingat bahwa apa pun yang Anda posting dalam Facebook dapat digunakan kembali di dalam persidangan, gugatan, dakwaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jangan mem-postiing dokumen apa pun yang nantinya bisa digunakan untuk melawan/menggugat Anda, sekalipun mungkin Anda tidak bersalah.
  7. Bagi para orang tua, sebaiknya tambahkan anak-anak Anda ke dalam daftar teman. Inilah salah satu cara untuk mengetahui tentang apa yang sedang dan kan di lakukan anak Anda. Anda juga dapat mengetahui siapa saja teman mereka, bergabung ke group apa saja, serta Anda pun dapat berkomunikasi dengan mereka menggunakan cara dan tingkatan mereka sehingga Anda bisa saling memahami satu sama lain.

Nah itu hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam ber-Facebook. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda………

Advertisements

3 Comments

  1. good post..

    mampir blk y

  2. Matur suwun ats infony, smoga bermnfat bg saya. Amin


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s