Sejarah Do’a

berdoa

Menurut catatan sejarah, do’a itu dikenal semenjak manusia pertama (Adam as) diciptakan oleh Allah SWT. Hal tersebut bisa dibuktikan dalam uraian tentang sejarah terjadinya surat Al-Fatihah, surat pertama dari Al-Qur’an, yang telah di sebutkan dalam kitab “Khazinatul Asrar”. Di dalamnya diterangkan, bahwa sesudah Adam as. Diciptakan dan ditiupi ruh padanya, ia berdo’a kepada Tuhan, kepadanya diajarkan cara-cara berdo’adan sebagai do’a pertama yang dibaca Adam as. Adalah : “Ya Tuhanku, tunjukanlah Aku jalan yang lurus, yaitu jalan mereka yang pernah beroleh nikmat dari-Mu, bukan jalan mereka yang Engkau murkai dan bukan mereka yang sesat”.

Nah, semenjak itulah mulai digunakan do’a tidak saja Qabil dan Habil, tetapi para Nabi pun berdo’a. Nabi Nuh berdo’a, Nabu Hud berdo’a, Nabi Luth berdo’a, Nabi Ya’qu berdo’a, Nabi Daud berdo’a, Nabi Sulaiman berdo’a, Nabi Ayyub berdo’a, Nabi Zakaria berdo’a, Nabi Isa berdo’a, dan Nabi Muhammad pun berdo’a.

Dengan demikian, ibadah berdo’a itu hampir terdapat di seluruh bangsa manusia. Bangsa manusia yang tidak bertuhan kepada Allah, mereka menghadapkan do’anya kepada benda-benda, pohon-pohon atau binatang, yang oleh mereka dianggapnya berjiwa dan berkekuatan. Tetapi bagi bangsa-bangsa yang bertuhan, menghadapkan do’anya kepada Allah Yang Maha Kuasa, sebagai kesatuan pencipta dan sebagai pusat dari segala tenaga lahir bbatin. Oleh karena itu, terjadilah do’a dan shalat itu sebagai sarana kebutuhan rohani bagi manusia itu sendiri.

Sementara itu, orang—orang Fir’aun berdo’a kepada raja-raja dan kepada matahari, orang-orang Yunani berdo’a kepada Tuhan-Tuhan mereka, orang Hindu berdo’a, orang Budha berdo’a, orang Yahudi berdo’a, dan orang Nasrani pun berdo’a. Semua itu tidak lain hanyalah bertujuan untuk meminta keselamatan dan keberuntungan bagi dirinya, selamat dari bencana dan malapetaka.

Demikianlah sejarah do’a yang usianya memang sudah cukup tua, bersamaan dengan terciptanya manusia di permukaan bumi ini.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s